Monday, August 13, 2018

Menabung Yuk Nak !!





MENABUNG yuk nak !

Mengajarkan anak untuk menabung ternyata butuh ROLE MODEL. Saya sebagai orangtua mulai mengajarkan kalo bundanya juga menabung dalam bentuk uang koin, meski banyak yang menyepelekan ternyata membiasakan diri dan anak untuk menabung ternyata ada unsur kebahagian untuk mengajarkan edukasi secara financial. Memulai menabung sejak dini juga akan memberikan pengaruh posistif bagi anak-anak.

*****
Agustus ini banyak kegiatan yang menyita keinginanmya, sekarang arrai mulai belajar mengatur keuangan nya sendiri ( baca: uangsaku), meski diberikan uang saku tidak dibelikan jajanan di sekolah, namun…..fokusnya sekarang membelikan KUPON JALAN SEHAT ( hehehehe….)

Arrai sekarang punya PASSION sendiri untuk membeli kupon dari hasil menabung sisa uang saku, agar mendapat hadiah utama. Semoga keinginan terwujud ya bang aii.

****
Jenis menabung untuk anak-anak adalah
1 Tabungan koin
2.Tabungan sisa uang saku
3.Tabungan edukasi

Pertama
Tabungan koin, tentukan targetmu Nak, untuk memulai menabung uang koin. Tetapkan satu angka yang terbesit pada anak saat mendapatkan sisa uang saku. Jika memegang uang seribuan koin silakan, mau uang lima ratusan juga boleh…. Yang terpenting tentukan  “SATU ANGKA”
Khusus 5000an

 Tabungan recehannya bunda kalo yang ini mah...... 😂😂😂 Berapa besarannya , sisa belanjaan masuk aja...sih...atuh....sisipin...


Khusus 20 ribuan


Role Modelnya Orangtua buat anak, bunda mencontohkannya untuk Abang aii😍😍😍😍😍, sama2 belajar menabung yaaa nak

Kedua
Tabungan sisa uang saku,berapapun orangtua memberikan uang saku pada anak , harus memberikan edukasi  untuk  memanfaatkan semaksimal mungkin. Apakah harus dihabiskan ? apakah harus ditabung keseluruhan?. Pantau kondisi keuangan anak setelah proses menjajakan. Mengendalikan pengeluaran dengan memberikan nasehat untuk tidak menjajakan keseluruhan. Berapapun sisa uang saku yang dipegang anak , semoga bias disisihkan untuk menabung.


Ketiga
Tabungan edukasi, variasi tabungan edukasi untuk masa depan bermacam-macam. Kalo sekarang ini, saya memberikan edukasi dengan memberikan buku-buku ( 5 tahun siap memberikan perpustakaan mini dirumah) sekarang sudah berjalan ke-2 tahun semoga bisa terealisasi aamiin. Tabungan edukasi bisa secara skill ( Keahlian ), dan Brain (Wawasan).  Skill yang diberikan sesuai dengan keinginan tanpa paksaan sama abang aii….dia lebih suka main bola…oke..siap bunda memfasilitasi.  Brain …dengan failitas buku yang bunda berikan semoga memberikan kamu kegemaran dan kesukaan dengan buku.




No comments:

Post a Comment